Notification

×

Gerakan Ta'awun, PP Muhammadiyah Hibahkan 1 Buah Ambulans Kepada PDM Malaka

Rabu, 09 Oktober 2024 | Oktober 09, 2024 WIB

ambulans_muhammadiyah_malaka
Foto: Ambulans Bantuan PP Muhammadiyah melalui PWM Jawa Timur (Dok.matalinenews)

MATALINENEWS.COM, KUPANG
- Dalam upaya membantu masyarakat lemah di berbagai bidang terutama pada bidang pendidikan dan kesehatan, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah melalui Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur hari ini mengaktualisasikan gerakan ta'awun untuk negeri di bidang kesehatan.


Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah  melalui Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur menyerahkan satu buah ambulans kepada Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Malaka pada hari ini, Selasa 08/10/2024 siang.


Wakil Ketua Bidang Organisasi, Majelis Pembinaan Kesehatan Umum dan Kebencanaan PWM Jawa Timur, Tahid Mashudi menyampaikan bahwa, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur itu memiliki prinsip bahwa dianggap PWM Jawa Timur itu sudah maju  maka tidak punya artinya kalau tidak bisa membantu PWM yang lain.

"Maka prinsip itu adalah prinsip yang harus dibangun di Jawa Timur. Oleh karena itu jika kita ingin maju m
Ĺaka majunya bersama, tidak ada artinya sebuah daerah kawasan itu maju sendirian yang lainnya tidak. Maka berbagi adalah bagian dari semangat kita untuk dakwah, untuk berta'awun," jelasnya

Menurutnya, PWM Jawa Timur memang sejak awal sudah menerapkan ada semacam kekuatan yang harus dimiliki oleh setiap PDM, oleh setiap anggota PDM itu harus mau berbagi tidak boleh ego. PWM Jawa Timur memberikan bantuan atas perintah PP Muhammadiyah sebuah kendaraan ambulans, melalui MPKO PDM Lamongan, mereka menyediakan 1 buah mobil ambulans kepada PDM Malaka. Muda- mudahan ini bermanfaat untuk kita semua untuk kemajuan dakwah Perserikatan Muhammadiyah.


"Beberapa waktu yang lalu, mungkin sekitar awal tahun ini kita juga memberikan mobil operasional Innova ke PWM Sulawesi Utara (Manado) sebelumnya kita juga mengirimkan dua ambulans yang satu untuk Sulawesi Barat, yang satunya lagi untuk Sulawesi Tengah, (Palu) dan sekaligus daerah-daerah yang memang perlu dikembangkan melalui perairan, kita juga pernah mengirimkan perahu baik ke Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat maupun Sulawesi Tengah," terang Tahid Mashudi.


Di samping itu, lanjut dia", di PWM kita juga mendorong kepada PDM di Jawa Timur yang sudah maju, yang sudah punya aset cukup harus berbagi kepada PDM lain yang belum memiliki usaha-usaha untuk operasional PDM dimana mereka berada.



Kesempatan yang sama, Ketua PWM Nusa Tenggara Timur (NTT) Muksin Masri, S.Ag.,MH menyampaikan terima kasih PP Muhammadiyah melalui PWM Jawa Timur sekarang hadir wakil ketua PWM Jawa Timur menyerahkan sebuah ambulans untuk operasional PDM Kabupaten Malaka, tentu ini kebutuhan kita bersama, dakwah dan pergerakan Muhammadiyah Nusa Tenggara Timur terutama perbatasan Indonesia dan Timor Leste.

"Kita berdoa dan berharap semoga niat baik PP Muhammadiyah melalui PWM Jawa Timur ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh kita, terutama temen-temen PDM  Malaka.," ujar Muksin


"Kita doakan semoga PDM- PDM di NTT teutama PDM Malaka terus bergerak maju  sesuai dengan semboyan Muhammadiyah berkemajuan," pungkas Chairman  PWM NTT


"Kami dari pimpinan Muhammadiyah Malaka menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan Pimpian Pusat Muhammadiyah melalui PWM Jawa Timur," ucap Ketua PDM Malaka Idris, S.Ag

Dia mengatakan, dengan adanya bantuan ini akan siap beramanah memanfaatkan untuk kemaslahatan umat khususnya umat Islam dan juga teman-teman kita yang agama lain juga.

"Kedepan kami masih sangat berharap mungkin setelah adanya bantuan ambulans, kami berharap tahap berikutnya yaitu harus ada klinik, karena dengan adanya klinik dan bulan merupakan dua mata koin yang memang tidak bisa dilepaskan, sehingga mungkin dari PP Muhammadiyah termasuk PWM Nusa Tenggara Timur dapat memberikan motivasi dan dorongan sehingga  berikutnya bisa mendapatkan klinik Muhammadiyah di perbatasan," tutup Ketua PDM Malaka Idris, S.Ag

(Ftr)