Notification

×

Profesi Penjual Kayu Bakar, Mengantarnya Menuju Peten Ina Lembata

Selasa, 03 September 2024 | September 03, 2024 WIB

abdurrahman_muhammad
Foto: Abdurrahman Muhammad (Anggota DPRD Kabupaten Lembata) 

MATALINENEWS.COM, LEMBATA
- Seremonial pengambilan sumpah anggota DPRD Kabupaten Lembata pada Senin, 02 September 2024 berlangsung di Gedung Peten Ina Lewoleba, berjalan  khidmat dan penuh suka cita. Para simpatisan keluarga dan partai pendukung memadati area parkir dan meluap diluar area Gedung, mengular panjang kendaraan parkir dan menuju masing masing kediaman para wakil rakyat, untuk menjalankan ritual kumpul keluarga maupun syukuran dan lain sebagainya. 


Diantara anggota DPRD yang baru di lantik tersebut, salah satunya adalah Abdurrahman Muhammad yang sering di sapa dengan sebutan Haji Bareng. Usai pelantikan ia di jemput dan konvoi beriring hingga di pelataran jalan Trans Lembata Desa Weilolong Kecamatan Omesuri. Haji di dampingi istrinya Fatmawati M. Bazher, saat pelantikan. Rombongan di jemput oleh tarian Kedang menuju kediamannya dengan selamat. 


Alumni Universitas Muhammadiyah Kupang, pada Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi ini, lahir pada 19 September 1978, yang pernah menjadi ADRD Kabupaten Lembata periode 2009-2014 dari Partai Pemuda Indonesia (PPI). Partai ini mengumpulkan suara sebesar 800 lebih, yang basis suaranya juga berasal dari Desa Leubatang . Tahun 2009 partai peserta pemilu berjumlah 24 partai, dan PPI peraih kursi ke delapan yang mengantar saudara Abdurrahman Muhammad, menjadi anggota DPRD Kabupaten Lembata kali lalu. 


Pemilu kali ini ia menjadi anggota dan simpatisan partai Nasdem. Berproses sejak awal perekrutan, pendaftaran penetapan,konsolidasi pemilihan hingga pleno, ia adalah salah satu nama dari delapan orang, yang keluar sebagai pemenang pemilu Dapil III, dari partai Nasdem tersebut. 


Pekerjaan yang ia geluti selama ini adalah, keluar masuk hutan, mencari kayu bakar, membelah kemudian menyatukan dalam satu ikatan, lalu menjual di depan rumahnya. Selain profesi itu, ia juga sering merendam raga di lautan,  mencari ikan untuk di jual. Memang ia adalah pekerja keras dan pantang mundur, hingga dari kayu bakar sepotong dan ikan sekumpul mampu mengantarnya kembali ke Peten Ina kedua kakinya. 


Kesehariannya selain pencari kayu bukar dan melaut, Haji juga sering menggeluti dunia sepak bola dan kegiatan sosial lainnya. Ia adalah ketua Komunitas Pandawa Lima Uyelewun, yang bergerak pada misi kemanusiaan, perlindungan alam, dan habitat laut, sekolah dan belajar bahasa Inggris serta bergerak pula di bidang pariwisata. 


Dalam wawancara singkat bersama awak media Haji sampaikan bahwa saya adalah salah satu wakil rakyat dari dapil III yang dilantik, saya berasal dari partai Nasdem dengan peroleh suara pribadi 439 suara, dengan akumulasi suara partai sebesar 1978, sebuah angka ajaib yang tidak disangka sesuai dengan tahun lahir saya ungkap Haji, adapun harapan setelah ini, saya butuh dukungan yang lebih dahsyat dari (ribu ratu) seluruh masyarakat Lembata terkhusus dapil ini, saya selalu bicara lantang untuk kepentingan rakyat banyak, dan akan memperjuangkan kepentingan dan hak hak primer masyarakat Lembata, saya siap menjadi agen perubahan untuk Lembata yang bermartabat tutup Haji. 


(Darjo)