Notification

×

Mengatasi Stunting, PP Muhammadiyah Harap ada RS Muhammadiyah di NTT

Senin, 09 September 2024 | September 09, 2024 WIB

muhammadiyah_ntt
Foto: Sekretaris PP Muhammadiyah M. Izzul Muslimin, Rektor Universitas Muhammadiyah Kupang Prof. Dr. Zainur Wula, M.Si, Ketua PWM NTT Mukhsin Masri, S.Ag.MH, Kepada TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Kupang Mandasia Syamsudin menyerahkan Makan Sehat (Dok. ftr matalinenews)

MatalineNews, Kupang
|  Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah kerjasama Kementerian Koordinator (KEMENKO) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI lakukan 3 (tiga) kegiatan sekaligus di Kota Kupang - NTT, Sabtu (7/9/2024).


Adapun kegiatan yang dilakukan adalah aksi Tanam Pohon, makan sehat sebagai upaya pencegahan stunting di lapangan kampus Universitas Muhammadiyah Kupang dan juga kegiatan positif bermedia sosial di hotel Harper Kupang kelurahan Fatululi kecamatan Oebobo kota Kupang.


Diketahui juga, PP Muhammadiyah telah menetapkan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai tuan rumah Tanwir sekaligus puncak milad Muhammadiyah ke 121 Tahun.


"Dalam Islam itu nabi pernah berkata “Jika terjadi hari kiamat sementara di tangan salah seorang dari kalian ada sebuah tunas, maka jika ia mampu sebelum terjadi hari kiamat untuk menanamnya maka tanamlah.” Hal ini menunjukkan bahwa menanam pohon adalah sesuatu yang harus dilakukan bahkan tidak peduli besok seperti apa, menanam pohon adalah sebuah kebaikan yang terus dilakukan dan saya kira apa yang diinisiasi dalam kerjasama ini mudah-mudahan menjadi  gerakan masyarakat secara menyeluruh baik masyarakat Muhammadiyah ataupun masyarakat sekitar sehingga menanam pohon menjadi gerakan bersama" ungkap Sekretaris PP Muhammadiyah M. Izzul Muslimin, S.IP setelah kegiatan penanaman pohon.


Dia menganggap kedalaman pohon adalah merupakan bagian yang sangat penting sehingga hal ini harus di atasi secara bersama,  tidak harus semua kita andalkan kepada pemerintah. Begitu juga dengan masalah stunting, perlu ada keterlibatan bersama dan dilakukan sejak dini.


"Untuk mengatasi stunting harus dilakukan secara berkesinambungan, secara menyeluruh, sejak belum menikah, sudah menikah, mengandung dan melahirkan, selain gerakan ini sebagai memicu namun perlu ada gerakan bersama," ujar Izzul


Ditanya soal upaya Muhammadiyah dalam membantu menurunkan Stunting di NTT, Izzul juga berharap lewat Tanwir, PP Muhammadiyah selain pendidikan juga masalah kesehatan yang menjadi salah satu core busuness Muhammadiyah, mudah-mudahan di NTT bisa merintis rumah sakit Muhammadiyah di NTT, dengan demikian ini menjadi bagian upaya kita dalam mengatasi tidak hanya masalah stunting tapi masalah kesehatan secara umum.


"Saya kira ini mejadi bagian penting upaya Muhammadiyah untuk menjadi gerakan untuk alam semesta," pungkas Izzul


Ketua Pimpinan Wilyah Muhammadiyah NTT, Mukhsin Masri, S.Ag.M.H juga menyampaikan bahwa menentukan PWM NTT sebagai tempat kegiatan adalah suatu penghargaan yang tinggi dan kepercayaan PP terhadap PW Muhammadiyah NTT terus kita jaga, karena memang kepercayaan yang bisa kita lakukan Insya Allah mungkin kita dapat dipercaya untuk langkah dan kegiatan selanjutnya, juga sebagai motivasi buat kita untuk segera bangkit untuk lebih baik agar menjadi Muhammadiyah yang menjadi berkat  rahmat bagi seluruh masyarakat Nusa Tenggara Timur.


Dia juga menegaskan bahwa, menanam pohon hanya salah satu sampel saja tapi memang di sisi lain Kupang adalah dikenal kota karang, oleh karena itu warga Muhammadiyah dan warga masyarakat setiap waktu kita menanam pohon karena pohon itu bermanfaat untuk kita bersama.


"Soal Tanwir, PP Muhammadiyah telah menetapkan tuan rumah tanwir di Kupang Nusa Tenggara Timur, istimewanya acara ini bukan hanya Tanwir namun dirangkai dengan acara puncak milad Muhammadiyah 112," ujar Mukhsin


PP melihat kita telah mampu untuk melaksanakan tanwir, sehingga kepercayaan ini diberikan kepada kita. Saya berharap warga Muhammadiyah mulai dari pimpinan wilayah, Orton tingkat wilayah, pimpinan daerah Muhammadiyah kota Kupang mari kita bersinergi menyambut kepercayaan ini, kita tunjukkan bahwa kita bisa jadi tuan rumah Tanwir dan milad Muhammadiyah ke 112 yang terbaik,"pungkas Ketua PWM NTT Mukhsin Masri, S.Ag.M.H


(ftr)