Notification

×

Ketua PWNU NTT Kecam Pelaku Demonstrasi yang Mengatasnamakan Aliansi Santri Gus Dur

Selasa, 06 Agustus 2024 | Agustus 06, 2024 WIB

ketua_pw_nu_ntt_pua_monto_umbu_nay

MATALINENEWS
, KUPANG - Ketua PWNU NTT Drs. KH. Pua Monto Umbu Nay kecam masa aksi demonstrasi yang dilakukan oleh sekelompok massa yang mengatasnamakan 'Aliansi Santri Gus Dur' pada Jumat, 02/08/ 2024 kemarin.


Diketahui, sekelompok massa yang mengatasnamakan ‘Aliansi Santri Gus Dur’ melakukan aksi demonstrasi di kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) tersebut memprotes keputusan atau kebijakan tertentu yang diambil oleh PBNU, dengan dalih bahwa mereka mewakili suara santri Gus Dur. Namun, aksi ini menimbulkan reaksi keras dari berbagai pihak, termasuk Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Nusa Tenggara Timur (NTT), Drs. KH. Pua Monto Umbu Nay.


Dalam pernyataan sikapnya, Via WhatsApp (06/08) pagi, Drs. KH. Pua Monto Umbu Nay yang diterima media matalinenews, menilai bahwa tindakan demonstrasi tersebut sangat bertentangan dengan karakter santri yang sebenarnya.


Menurutnya, prinsip utama yang dipegang dalam budaya pesantren adalah “sami’na wa atha’na” (kami mendengar dan kami taat).


Selain itu, Ketua PWNU NTT juga menggarisbawahi bahwa Nahdlatul Ulama seharusnya dipandang sebagai lembaga yang besar dan penuh dengan nilai-nilai pesantren, di mana para santri belajar dan berkhidmat di bawah bimbingan kyai. Oleh karena itu, aksi demo yang dilakukan oleh kelompok yang mengaku sebagai santri Gus Dur dinilai sebagai pelanggaran terhadap adab dan nilai-nilai tradisional yang dijunjung tinggi dalam lingkungan santri.


Drs. KH. Pua Monto Umbu Nay sangat menyayangkan aksi demonstrasi tersebut sebagai tindakan yang tidak sesuai dengan etika dan ajaran pesantren.


Dalam pandangannya, santri tidak mengenal kata tidak atau membantah terhadap kyai tanpa melalui proses musyawarah atau diskusi terlebih dahulu. Tindakan mendemo pengasuh atau kyai dianggap sebagai bentuk penghinaan terhadap diri sendiri dan melecehkan citra santri.


(Red)