Notification

×

Yusak Benu Nahkoda Baru DPC INSA Kupang

Selasa, 23 Juli 2024 | Juli 23, 2024 WIB

yusak_benu_ketua_insa_kupang
Foto:  Ketua DPC INSA Kupang (kanan) Jaka Yanri Safur Wakil Ketua Pengurus PKBI NTT dan juga Wakil Ketua Pemuda Muhammadiyah NTT (kiri)

MATALINENEWS, KUPANG-
  Jaka Yanri Safur Wakil Ketua Pengurus Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) NTT dan juga Wakil Ketua Pemuda Muhammadiyah NTT menyampaikan selamat dan sukses kepada Yusak Benu yang terpilih secara aklamasi memimpin Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) Kupang.

Pengusaha Muda NTT Yusak Benu terpilih dalam forum pemilihan yang dirangkai dengan kegiatan Fokus Group Discussion (FGD) Unit Pelaksana Teknis Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Provinsi Nusa Tenggara Timur, dengan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Indonesian National Shipowners’ Association (INSA), Senin (22/07/2024) di Hotel Aston Kupang.

INSA adalah sebuah organisasi sebagai wadah para pengusaha pelayaran yang didirikan pada tahun 1967 ini sebelumnya  tahun 2000-an awal pernah ada ketua INSA Kupang, tetapi saat itu bukan sebagai ship owner tetapi sebagai kepala cabang.

“Sekarang kenapa asosiasi ini baru bisa dibentuk dan akitf kembali, karena asosiasi ini adalah pemilik kapal. Dan baru kami yang ada NTT,” sebut Yusak Benu.

Dirinya menjelaskan tentang tujuan utamanya adalah bagaimana program pemerintah dapat tersosialisasikan dengan baik di setiap perusahaan penyedia jasa Pelabuhan.

Tetapi, semua tantangan dan masalah yang dialami oleh perusahaan pelayaran bisa dikomunikasikan secara baik ke pemerintah untuk dicarikan solusi.

“Contoh jika ada kenaikan tarif Pelabuhan, apabila itu memberatkan ketika  perusahaan hanya menyuarakan hal itu sendiri tidak bisa didengar secara baik. Tetapi apabila asosiasi, maka itu diatur dalam Undang-Undang bahwa asosiasi harus memiliki assesment baru bisa diperlakukan kenaikan tarif. Tanpa ada persetujuan dari asosiasi maka kenaikan tarif itu tidak bisa diberlakukan,” jelasnya.

Yusak Benu memberi diri seutuhnya memimpin INSA NTT karena dalam pengembangan ekonomi NTT, yang paling dibutuhkan adalah pintu masuk dan yang paling utama adalah pelabuhan.

“Pintu besar perdagangan itu masuknya lewat Pelabuhan. Dan ketika pelabuhan itu tidak tertata secara baik maka itu akan berdampak pada inflasi kenaikan harga,” ujarnya.

Ia menyebut betapa pentingnya kehadiran INSA di NTT sekarang ini karena INSA sudah diatur sebagai mitra strategis pemerintah, dan berhubungan langsung dalam ekonomi dari setiap daerah.

“Kalau kita bicara tentang kebangkitan ekonomi NTT harusnya kita mulai dari pintu masuk perdagangan. kita kawal secara baik supaYa tidak ada angka-angka inflasi yang begitu tinggi, sehingga perdagangan dan perekonomian NTT bisa kita jaga secara baik,” sebutnya.

Yusak Benu bertekad, sebagai Ketua INSA ia berperan sebagai pelayanan.

“Semua tantangan yang dialami oleh setiap perusahaan penyedia jasa di NTT menjadi tanggungjawab saya untuk menyelesaikan, mengkomunikasian dan mencari jalan keluar Bersama,” ujarnya.

Jaka Yanri Safur Wakil Ketua Pengurus Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) NTT dan juga Wakil Ketua Pemuda Muhammadiyah NTT menyampaikan selamat dan profesiat kepada saudara Yusak Benu yang terpilih secara aklamasi memimpin Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) Kupang.

"Saya cukup mengenal sosok Yusak Benu, sosok yang loyal dan integritas, kerja keras dan punya semangat dalam membangun komunitas" ungkap Safur.

Safur juga megaku INSA Kupang dibawah nahkoda Yusak Benu akan lebih maju kedepannya, tetap semangat dan terus membangun kerjasama dengan pemerintah agar setiap persoalan yang dihadapi selama ini segera teratasi, terutama masalah perusahaan penyedia jasa di NTT.

(Red)