Notification

×

Masjid Jihadul Akbar Atarodang Tuan Rumah Idul Adha

Minggu, 05 Juni 2022 | Juni 05, 2022 WIB

masjid_jihadul_akbar_omesuri
Dok: Foto. Istimewah
LEMBATA-- Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kecamatan Omesuri Kabupaten Lembata menyelenggarakan rapat kerja bersama Imam masjid, kepala Madrasah, ketua Majlis Taklim, ketua Remaja Masjid sekecamatan Omesuri di Masjid Jihadul Akbar Atarodang desa Normal pada hari ini Minggu, (05/06/2022).

Kegiatan tersebut merupakan rutinitas PHBI sebulan sebelum puncak perayaan, untuk menggali gagasan dan evaluasi kinerja serta kesepakatan hal teknis perayaan hingga perlombaan malam menyongsong perayaan besar keagamaan ummat islam tersebut.

Turut hadir dalam rapat seluruh perangkat PHBI, Camat Omesuri dalam hal ini diwakili oleh Muslimin Luth selaku staf ASN Kecamatan, Jufri Hamid Enga, S.Hi kepala KUA Omesuri, Baco Oliwulo, S.Sos sekdes Normal, Abdullah Lamawulo, S.Pd selaku ketua panitia lokal perayaan idul adha 1443 hijriyah, dan seluruh umat utusan masing-masing masjid sekecamatan Omesuri.

Dalam pembacaan hasil rapat panitia lokal, (Abdullah Lamawulo) menjelaskan terkait teknik tuan rumah dalam persiapan menerima tamu dari tiap wilayah mesjid, beliau mengharapkan untuk kehadiran tamu tidak terbatas berapapun, karena kerinduan selama covid 19 atas meriah rayakan hajatan ini adalah mimpi besar ummat jihadul akbar Atarodang.

"Sehingga kehadiran baik ummat maupun peserta lomba tetap kami buka diri untuk siap memfasilitasi para tamu beberapa hari disini. Untuk pengasuh Sholat adalah Imam oleh Syarif Busman dan Jamaludin Oliwulo (Imam masjid Alikhlas Makasar) dan selaku Khotib idul adha adalah Dosen Unismu dan pimpinan ponpes Bisaloro saudara Dr. Dahlan Lama Bawa, S. Ag, M. Ag, dengan tema " Manifestasi Nilai-nilai Ajaran Qurban Dalam Kehidupan Sosial Masyarakat Kedang, jelas Kepala SMAN 1 Omesuri tersebut.

"Sudah mencapai 60% persiapan kami, karena sudah setahun yang lalu telah kami upayakan," tutup Guru Dula.

Ridwan Weleng, S.Pd.SD selaku ketua Umum PHBI Omesuri dalam sambutan pembukaan mengucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh stakeholder selama kegiatan berlangsung. Kesuksesan dan keberhasilan sebuah wadah tidak akan berjalan baik, bila PHBI bergerak tanpa dukungan dari ummat Omesuri.

"Semoga kegiatan kali ini lebih meriah dan bermartabat dari sebelumnya, pungkas Ridwan.

Selain itu mantan kepala SDN Rumang Buyasuri ini juga mengajak bersatu padu, saling menjaga ukhwa untuk kehidupan harmoni antar ummat, agar perpecahan kesatuan tidak terjadi. Begitupun doa serta harapan kita panjatkan kepada masjid yang belum bergabung dalam wadah ummat ini, agar tergerak hati untuk memulai niat masuk bersama dalam berPHBI.

Kesempatan yang sama  (Muslimin Luth) yang mewakili Camat Omesuri, menekankan sikap optimis serta semangat yang menggelora dalam kegiatan di tempat ini, mumpung kelonggaran oleh pemerintah  atas berkumpul silaturahmi, maka momentum ini harus dijaga dan dimanfaatkan sebaik mungkin.

"Terkait hasil rapat PHBI dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (FORKOMPIMCAM), tentang rapat dengar pendapat bersama seluruh imam masjid, BPM, se- kecamatan Omesuri baik yang bergabung maupun tidak bergabung dalam wadah ummat ini, setelah kegiatan raker ini usai akan difasilitasi untuk pertemuan dan mencari solusi, agar selesai putaran ini bisa sama- sama bergabung membangun sekaligus mendengar pendapat tiap masjid untuk bergabung kembali ke PHBI dalam membangun semangat ukhwah islamiyah,"  ungkap mantan KAMAD MTSs Akmuhajirin Hingalamamengi ini.

"Atas nama pemerintah Kecamatan Omesuri, dengan mengharap rahmat Tuhan yang Maha Esa, kegiatan Raker hari ini dibuka dengan resmi,"  tutup Muslimin.  (Sudaro)