Notification

×

Gandeng Semua Pihak, Penyelenggara Optimis MTQ XXIX NTT Tahun 2022 di Kupang Berjalan dengan Baik

Kamis, 23 Juni 2022 | Juni 23, 2022 WIB

mtq_ntt_tahun_2022
Pengurus LPTQ dan Panitia MTQ XXIX NTT /Dok: Foto.Asrama Haji
MATALINENEWS.KUPANG,- MTQ XXIX Tingkat Provinsi NTT yang dilaksanakan pada tanggal 25 Dzulqaidah - 01 Dzulhijjah 1443 H bertepatan dengan tanggal 25 – 30 Juni 2022.

Tema yang di angkat pada MTQ XXIX Tingkat Provinsi NTT Tahun 2022 adalah “Melalui Penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi, Kita Perkokoh Komitmen
Kebangsaan Untuk Mewujudkan Visi NTT Bangkit Menuju Sejahtera dalam Bingkai NKRI Berdasarkan Pancaslia".


Perlombaan pada MTQ XXIX tingkat Provinsi tahun ini, selain menyeleksi peserta terbaik untuk perlombaan MTQ XXIX tingkat Nasional pada tanggal 10 – 19 Oktober 2022 di Kalimantan Selatan, juga memperebutkan piala bergilir Gubernur NTT yang saat ini dipegang oleh Kafilah Kabupaten Alor pada dua kali menang berturut- turut.


Dewan Hakim untuk masing-masing cabang dan golongan musabaqah direkrut dari Kabupaten dan Kota Se-NTT sebanyak 52 orang dan 2 orang dari Tingkat Nasional.


Rencana awal MTQ XXIX NTT laksanakan di Kabupaten Rote Ndao, namun karena pertimbangan satu dan lain hal terkait dengan efektivitas pelaksanaannya sehingga pelaksanaannya ditarik ke Kota Kupang sebagai tempat pelaksanaan.


Dalam jumpa pers di Asrama Haji Kupang, (22/06) ketua LPTQ Provinsi NTT (Drs. H. Jamaludin Ahmad, MM) mengatakan, MTQ sebagai festival keagamaan Islam Indonesia untuk mengagungkan Al-Qur'an.


Selain itu dirinya menambahkan bahwa, Al- Qur'an ini sebagai petunjuk jalan, maka momentum perlombaan ini harus dijadikan sebagai petunjuk dalam mengelaborasi rahasia- rahasia kehidupan, termasuk di dalam hubungan interaksi sosial dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 


"MTQ harus berkontribusi dalam penguatan komitmen kebangsaan, termasuk berkontribusi untuk mendukung berbagai program pemerintah termasuk NTT, supaya semua bergerak menuju sejahtera," sambung Jamal.


"Oleh karena itu, gagasan pembangunan NTT yang digalang oleh bapak Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat saat ini, harus didukung dan semua masyarakat dituntut berkontribusi dengan cara masing-masing. Tegas Ketua LPTQ NTT.


Ketua panitia penyelenggara pada MTQ tingkat Provinsi NTT tahun 2022 adalah salah satu pejabat muslim di Kota Kupang yakni Drs. Ambo, M.Si. Selaku Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Kupang Karena locus kegiatannya di Kota Kupang.


Akrap dengan sapaan Ambo, peria kelahiran NTB ini optimis kegiatan MTQ XXIX NTT tahun 2022 yang dilaksanakan di Kupang akan kami maksimal berjalan dengan baik, walaupun waktu yang diberikan begitu singkat.


“Kami berharap pada pelaksanaan MTQ tahun ini, para peserta sudah melakukan vaksinasi, dan selalu menjaga protocol kesehatan selama acara berlangsung.” ujar Ambo.


Ambo menjelaskan bahwa, kegiatan MTQ kali ini Alhamdulilah didukung oleh paguyuban baik ditingkat provinsi maupun ditingkat kabupaten/kota. (FTR)