Notification

×

Rintis Hidup dari Penjual RB Hingga Karyawan Kopdit

Jumat, 18 Februari 2022 | Februari 18, 2022 WIB

asari_hatmin
MATALINENEWS.COM, Lembata- KSP Kopdit Obor Mas didirikan berawal dari sebuah kondisi kehidupan ekonomi rumah tangga para Guru SD dikala itu tahun 1972 sangat memprihatinkan, karena pembayaran gaji yang tidak tepat waktu dan biaya hidup yang cukup  tinggi kondisi ini kadang kala mengganggu aktifitas Guru SD sebagai abdi Negara dan abdi masyarakat yang mana tidak sedikit diantara mereka harus berhadapan dengan para rentenir. 

Menyadari hal tersebut, pada tanggal 4 November 1972,di kantor Dinas P dan K Sikka, Bpk Yoseph Doing ( Kadis P dan K) dan kawan-kawannya mengadakan pertemuan dan menyepakati untuk mendirikan CU Obor Mas. 

Tepat 29 Oktober 1994 memperoleh Badan Hukum dengan Nomor : 716/BH/XIV/X/1994. Dalam akta tersebut nama CU Obor Mas diganti dengan nama Koperasi Kredit Obor Mas, yang disingkat K Kopdit Obor Mas. Di kutip dari laman https: //KspKopditobormas.co

Usia yang hampir setengah abad ini Kopdit tersebut telah berbuat banyak untuk masyarakat,karena telah merintis beberapa kantor CU di beberapa wilayah di NTT. 

Lembata adalah salah satu Kebupaten yang telah memiliki Kopdit tersebut beralamat jln Trans Lembata, kelurahan Selandoro Kecamatan Nubatukan Lembata NTT. 

Asari Hatmin adalah karyawan Kopdit Obor Mas. Telah lama malang melintang di dunia dagang. Telah berproses panjang dalam mengestimasi anggaran, bergelut aktif bertemu penjual dan keliling setiap pasar tak absen olehnya. Secara kematangan emosional niaga telah tamat dalam buku diarenya, sehingga patut menjadi salah satu karyawan Kopdit yang menerima penghargaan karyawan terbaik tahun 2017 cabang utama Lembata  dengan sebutan predikat kinerja terbaik. 

Hal tersebut bukan membuat  ia puas, namun terus berbenah dan ikhtiar dalam mengembangkan Kopdit Obor Mas dari sisi kuantitas anggota dan kualitas pelayanan di wilayah Lembata terkhusus kecamatan Omesuri dan Buyasuri. 

BACA JUGA

Pria campuran darah Jawa dan Kedang yang doyan filem Bollywood tersebut, telah banyak lorong waktu dilaluinya. Dari penjual RB (Rombengan) keliling pasar di kedang, hingga merintis pasar baru RB di Desa Weilolong Omesuri dengan mendorong gerobak. 

Beberapa karya-karya terdahulu sempat menjadi rintisannya, menjadi fasilitator PPK ( Program Pengembangan Kecamatan) Desa Leubatang, Ketua Unit Pengelolah Keuangan ( UPK PPK) Kecamatan, yang saat ini berubah menjadi PNPM. Konsultan Keuangan Mitra Bank KKMB program dari Bank Indonesia, Ketua IRPA (Ikatan Remaja Pencinta Alam) Desa Balauring. 

Menetap di Balauring ibukota Kecamatan Omesuri, telah banyak torehan jasa yang telah dilakukan olehnya. Menjadi Sekertaris Desa di pusat Ibukota Kecamatan Omesuri, kurang Lebih 11 tahun lamanya. Dan salah satu Guru perdana bersama Salahudin Mahmud, pada MIS Al-hikmah Balauring selama 5 tahun, yang masih beratap daun kelapa sekolah itu. 

Beberapa aktifitas sosial kemasyarakatan di lalui penuh Low Profile, membuatnya matang memberikan nilai kepercayaan membukit, oleh siapapun yang telah akrab bertemu dengannya. 

Lelaki usia 40an itu, pernah memperkuat tiem sepakbola Roket Tiba, setiap ajang merumput si kulit bundar. Menamatkan sekolah formal pada MIS Leubatang dan MTs. Almuhahirin Hingalamamengi, dan memfiniskan tingkat menengah pada MAS DDI Weiwerang. Walaupun hanya menempuh pendidikan formal hingga menengah, namun kecerdasan intelektual teruji dalam setiap pergerakan kehidupan sosial nya. 

Saat ini berkarya dan menjadi karyawan aktif pada Kopdit Obor Mas Cabang Utama Lembata, dan telah menyalurkan dana sembilan miliar untuk peningkatan KUKM untuk wilayah Omesuri dan Buyasuri. Sehingga setiap waktu selain di kantor utama, beliau harus PP kedang Lewoleba dengan jarak tempuh kurang lebih 70 Km dari Pusat Kota Kabupaten. 

Penulis: Sudarjo Abd Hamid