Notification

×

Menyongsong Isra Walmi'raj TPQ Al-Qalam Meracik Multi Lomba

Selasa, 01 Maret 2022 | Maret 01, 2022 WIB

masjid_nurul_huda_kedang
MATALINENEWS.Lembata- Isra walmi'raj adalah ritual perjalanan Nabi Muhammad SAW, dalam rangka menjemput bingkisan ibadah mahdah berupa sholat lima waktu sehari semalam untuk ummat akhir zaman. Lantas setiap momentum bulan hijriyah (Rajab) tersebut dimanfaatkan dengan berbagai kegiatan diseluruh pelosok Negeri. 

Tepatnya di Desa Hoelea II, TPQ Al-Qalam Masjid Nurul Huda, menyambut hari besar Islam menggelar beragam kegiatan tepat tanggal 22/02/2022.

Open ceremony dilakukan tepat pukul 16.00 waktu setempat, dengan acara dibawakan oleh  Siti Suria Safitri dan Susi Sulistiorini sementara gema kalam ilahi dan saritilawah oleh Nanda Talita Asyifa dan Sofia Azkia. Hadir pada kesempatan tersebut Badan Pengurus Masjid, Badan Sara, ketua Majlis Taklim An-nisa, Ketua Remas dan Tokoh Ummat. Sebuah dukungan moril yang cukup terlaksana selama ini, sehingga proses perjalanan ritual keagamaan di Desa sadar Kerukunan tersebut, mengalami kemajuan yang cukup berarti. 

Muhammad Yamin, S. Pd selaku ketua TPQ AL-QALAM, dalam sajian sambutannya bahwa kurikulum yang diterapkan dalam proses/ metodologi pembelajaran menurutnya ada dua yakni kurikulum Nasional dan kurikulum lokal. Kurikulum nasional tambahnya meliputi pembelajaran Quran ilmu tajwid, ayat pilihan, bacaan sholat, hafalan surah pendek, hafalan doa serta adab harian, praktek ibadah dan pendalaman dasar agama Islam. Sedangkan kurikulum lokal disesuaikan dengan kondisi.

Untuk menjawab kurikulum tersebut, jelas Yamin, maka setiap momentum hari besar islam di pandang perlu untuk dilaksanakan berbagai kegiatan, karena TPQ adalah ujung tombak pergerakan dasar ummat yang membutuhkan karya karya besar dalam menjamin kecerdasan intelektual generasi. 

BACA JUGA: Masyarakat Kelurahan Liliba mendadak ramai terlihat Personel Lanud El Tari di lokasi

“Disamping tuntutan kurikulum tersebut, sambung Yamin, ada strategi yang diterapkan untuk menjawab visi misi TPQ.” tutup Guru matematika MAN I Lembata. 

Acara sederhana berlangsung di ruangan masjid tersebut, di buka resmi oleh Badan Pengurus Masjid Umar Pati. Dalam sambutan singkat beliau menuturkan bahwa berikanlah asuhan untuk mengembangkan minat dan bakat yang mereka punyai, mereka adalah malaikat kecil yang akan berangkat menjadi generasi baru menyongsong kehidupan yang akan datang. 

“Dengan umur yang begini mudah mereka membutuhkan sentuhan sentuhan dan asuhan kita semua. Olehnya itu ucapan Terima kasih dilayangkan kepada pengurus TPQ atas upaya bimbingan dan menuntun anak anak kita dalam pengenalan dasar al-quran.” tutup anggota BPD desa Hoelea II. 

Adapun jenis lomba yang diselenggarakan selama tiga hari tersebut dengan mengangkat tema Gebyar Islam memperingati Isra Walmi'raj, Nabi Muhammad SAW 1443 H, TPQ AL-QALAM Menuju anak berprestasi melalui lomba dan karya karya seni. 

Adapun muatan perlombaan tersebut berupa, Azan, doa harian, tanyajawab Islam, hifdzil Quran, pidato dakwah, syarhil Quran, dan cerdas cermat. 

Kegiatan ceremony tersebut diakhiri dengan doa, yang bacakan oleh H. Ayub Muhammad, S.H, agar senantiasa melindungi dan membimbing dalam gerak langkah kita aamiin.  (Sudarjo Abd Hamid)