Notification

×

SMKN 6 Kupang Kirim 5 Siswa Ke Institut Desain dan Bisnis Bali

Jumat, 07 Januari 2022 | Januari 07, 2022 WIB

smk_negeri_6_kupang
KOTA KUPANG - SMK Negeri 6 Kupang menyelenggarakan acara pelepasan Siswa Praktek Kerja Lapangan (PKL) kerjasama SMK Negeri 6 Kupang dengan Institut Desain dan Bisnis Bali Periode 2021- 2022 pada hari ini Kamis, (06/01/2022)

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula SMK Negeri 6 Kupang ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Pembacaan Do’a, Laporan Panitia PKL dan sambutan pelepasan oleh kepala SMK Negeri 6 Kupang.Turut hadir dalam kegiatan, selain para stakeholder lembaga SMK Negeri 6 Kupang, ada juga para orangtua wali siswa.

Ketua Panitia yang juga merupakan Wakil Kepala 4 SMK Negeri 6 Kupang (Valensius Son,S. Pd.) menyampaikan bahwa jumlah siswa yang ada di kelas XII di SMK Negeri 6 Kupang saat ini 312 siswa, dan dalam proses penempatan siswa PKL ini dilakukan untuk kebutuhan beberapa institusi atau Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA), yang antara lain menyebar di Kantor Pemerintah, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan yang terakhir kita mencoba bermitra dengan perusahaan perbankan seperti 4 BANK yang kami tempatkan siswa PKL pada ajaran ini.

“Kemudian secara serimoni kami melepaskan 5 siswa di Institut Desain dan Bisnis Bali yaitu dari Kompetensi Keahlian Multi Media atau Desain Komunikasi Visual.Kami juga informasikan bahwa ada 5 siswa dari kelompok Teknik Kelompok Jaringan (TKJ) kami tempatkan di Sekolah, dengan alasan kesehatan dan masi melakukan vaksinasi pada tahap pertama, selain itu ada 2 orang siswa dari RPL yang kami masi pending karena belum melakukan Vaksinasi; jelas Valensius

Ia menambahkan, kegiatan PKL ini kita mencoba untuk selalu penigkatan perbaikan berkaitan dengan IDUKA atau perusahaan- perusahaan Pemerintah, kita bersinergi dengan kebutuhan- kebutuhan peningkatan kompetensi yang kita butuhkan di Sekolah ini.Khusus untuk Multi Media (MM) suda ada kesepakatan kerja sama SMK Negeri 6 Kupang dengan IDUKA, sehingga hanya 5 sampai 10 anak saja yang dititipkan diperusahaan- perusahaan yang belum ada kesepakatan kerjasama.

“Sehingga dimasa yang akan datang, terus kita melakukan perbaikan- perbaikan dalam rangka peningkatan kompetensi keahlian dari anak- anak kita yang kita bimbing bersama. Untuk kegiatan PKL ini selanjutnya akan dilaksanakan di kelas XII pada semester enam; sambungnya
Dalam kesempatan yang sama, Kepala SMK Negeri 6 Kupang (Asa Manason Lahtang,S. Pd., M. Pd.), menyampaikan  bahwa kalian adalah orang- orang pilihan dari 312 siswa yang mengikuti prakering pada periode ini, oleh karena itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Harus menjaga nama baik, nama baik lembaga, nama baik peribadi,dan  nama baik orangtua. Kalian masi mudah dan masa- masa pancaroba, sangat muda sekali dipengaruhi dari berbagai hal, terutama lingkungan. Daerah Bali adalah daerah parawisata, banyak sekali keragaman disana, kalian harus fokus belajar untuk mengembangkan kompetensi.

“Lima siswa yang kami kirim saat ini adalah salah satu jurusan yang diangkat sebagai pusat keunggulan di Sekolah ini yaitu Multi Media. Oleh karena itu kami harapkan  dengan melalui PKL ini, kalian dapat memotivasi buat teman- teman yang lain dan juga masyarakat agar melirik akan sekolah ini; ujar Kepala Sekolah

Dirinya juga menegaskan bahwa dalam proses PKL berlangsung tetap membangun komunikasi antara siswa, guru pembimbing dan kepala sekolah, sehingga tidak terputus komunikasi selama dalam pengabdian, dan tidak bersifat lepas kontrol. Kita juga masi dalam situasi pandemic sehingga saya harapkan tetap mentaati aturan protokoler dan juga aturan lembaga yang ada, dengan demikian dapat melati kedisiplinan, kompetensi, perilaku bagaimana menjadi seorang pekerja yang baik. Setelah selesai dari sekolah ini, dengan sendirinya suda terbentuk dengan lingkungan pekerjaan.

“Setelah PKL nanti, akan kami lakukan analisa hasil kompetensi siswa antara PKL Bali dan PKL di Kota Kupang, hal ini untuk melihat keunggulan dari kedua tempat yang berbeda, agar kedepan jika keunggulan siswa PKL hasil memuaskan maka kita pikirkan penambahan siswa  pada tahun selanjutnya; tutup Kepala SMK Negeri 6 Kupang  Asa Manason Lahtang,S.Pd,M.Pd.
Selanjutnya acara pelepasan Siswa Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang bekerjasama antara SMK Negeri 6 Kupang dan Institut Desain dan Bisnis Bali Periode 2021- 2022 resmi dilepaskan oleh Kepala SMK Negeri 6 Kupang dengan penyematan kartu tanda peserta. (FTR)