Notification

×

Luar Biasa, SMK Negeri 6 Kupang Ciptakan Aplikasi Pantau KBM

Kamis, 20 Januari 2022 | Januari 20, 2022 WIB

MATALINENEWS.COM
, KUPANG- SMK Negeri 6 Kupang merupakan bagian dari Sekolah Pusat Keunggulan (SMK PK), sehingga harus memberikan imbas atau dampak kepada setiap warga sekolah maupun kepada masyrakat. Salah satu tugas dan tanggungjawab dari lembaga sekolah adalah memberikan kepuasaan kepada siswa dan orangtua dengan segala macam metode yang dimiliki oleh lembaga tersebut.

Selain itu lembaga sekolah pun berkewajiban melakukan perbaikan- perbaikan, baik metode pembelajaran, dan juga penyediakan fasilitas yang memadai. Untuk menjawab semua itu SMK Negeri 6 Kupang mencoba melakukan sebuah trobosan baru dengan menciptakan sebuah aplikasi yang dapat berfungsi memantau setiap aktivitas proses KBM berlangsung didalam kelas. Aplikasi yang di namakan Pantau KBM ini di launching  pada hari Rabu, 18/01/2022.

aplikasi_pantau_kbm
Layar Utama Aplikasi Pantau KBM SMK Negeri 6 Kupang

Kepada media Kepala SMK Negeri 6 Kupang, (Asa Manason Lahtang,S. Pd., M. Pd.) menyampaikan bahwa, kelebihan dari aplikasi Pantau KBM ini berbasis WEB dan juga bisa digunakan di handphone android. Selain itu aplikasi ini juga terdapat absen, jurnal, data guru/pegawai, lokasi kegiatan KBM, dan dapat memantau KBM yang sementara berlangsung.

“Aplikasi ini memeliki kelebihan dan juga masi ada kekurangan, namun kami terus berupaya untuk melakukan perbaikan, adapun kelebihan dari aplikasi ini seperti Absen yang terdapat pada menu, diisi oleh guru- guru yang ada di SMKN 6 Kupang. Cara pengisian absen pada form yang sudah disediakan, kemudian bukti kegiatan pembelajaran dengan menampilkan foto bahwa guru berada di sekolah atau kelas; jelas Asa

Menurunya aplikasi Pantau KBM ini sangat penting, harus ada inovasi di sekolah ini terutama sekolah yang berbasis IT. Dengan adanya aplikasi ini sangat membantu dan memudahkan dalam pengawasan, baik guru dan siswa di dalam kelas.

”Saya hanya duduk didalam ruangan, tapi saya bisa pantau kegiatan KBM yang sedang terjadi dalam kelas, dengan aplikasi ini saya bisa pantau kegiatan KBM setiap saat dan setiap kondisi; ungkap Asa

Ke depan ada pengembangan lebih lanjut dengan melahirkan aplikasi pantau siswa. Aplikasi ini nanti guru dan orang tua bisa memantau siswa ketika  berada disekolah. (Fathur)