Notification

×

SMK N 6 KUPANG GELAR SERAH TERIMA JABATAN KEPALA SEKOLAH

Rabu, 29 Desember 2021 | Desember 29, 2021 WIB

kepala_smk_negeri_6_kupang
Serah terima jabatan Kepala SMK Negeri 6 Kupang

KOTA KUPANG - SMK Negeri 6 Kupang selenggarakan acara serah terima jabatan kepala SMK Negeri 6 Kupang, Selasa, (28/12/2021) siang tadi, di aula SMK Negeri 6 Kupang.
 
Acara serah terima jabatan Kepala SMK Negeri 6 Kupang dilaksanakan secara tatap muka dengan tetap menerapkan protocol kesehatan.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan mantan Kepala SMK Negri 6 Kupang, pembacaan surat keputusan Gubernur NTT Nomor 816.2.1/316/BKD.3.2 tentang pengangkatan Kepala SMA/SMK/SLB Negeri pada Dinas Dikbud NTT, penandatanganan berita acara, Sambutan Kepala SMK Negeri 6 Kupang  Asa Manason Lahtang, S.Pd, M.Pd, sambutan KORWAS NTT, sambutan ketua Komite SMK Negeri 6 Kupang dan Do'a.

Mantan Kepala SMK Negeri 6 Kupang (Yonas Hamma, S.Pd. MM) dalam sambutannya menjelaskan bahwa jadwal yang diterima bahwa pelaksanaan serah terima jabatan sepenuhnya diserahkan kepada KORWAS untuk dapat menfasilitasi serah terima yang dimaksud, kesepakatan sampai tanggal 30 Desember 2021. Hasil koordinasi bersama maka disepakati atas dasar surat itu sampai pelaksanaan acara pada tanggal 3 januari 2022, dengan pertimbangan acara serah terima nanti semua bapak ibu guru bisa hadir karena suda kembali dari suasana libur, namun dalam perjalanan kami berkoordinasi dengan kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Provinsi NTT, ia menegaskan bahwa pelaksaan pelantikan diberikan batas waktu pada hari ini jam 16.00 (sore).

Selain itu ia melanjutkan bahwa saya teringat kembali pada saat awal menerima jabatan menjadi kepala SMK Negeri 6 Kupang menggantikan senior saya Dan Tapobali. Ada dua kalimat yang saya sampaikan kala itu “ biar aku yang menanam Apolos yang menyiram ”, terima kasih hari ini didepan keluarga besar SMK Negeri 6 Kupang saya sampaikan bahwa suka duka telah kita lalui bersama dan satu hal yang pasti adalah tidak pernah kami letakkan antara atasan dan bawahan, saya menjalani tanggungjawab dalam nuansa adik kakak yang tanpa ada rasa dan jarak yang sangat membatasi. Sekalipun menjalani itu inklut didalam rasa tetapi manusia itu memang sangat nyata oleh karena itu, kurang lebih 9 tahun bersama semua teman- teman, saya secara pribadi menyampaikan banyak terima kasih kepada semua rekan- rekan kerja yang sangat luar biasa.

“Kapan dan dimana saja selalu mengingatkan untuk bersama bergandeng tangan untuk mengangkat tanggungjawab kita membangun SMK Negeri 6 Kupang. Dan didepan Bapak KORWAS, Pengawas Pembina, dan Bapk Komite kami sampaikan bahwa kami belum bisa bebuat banyak untuk SMK Negeri 6 Kupang sehingga kami berharap kehadiran kepala SMKN 6 Kupang baru ini dapat membangun dan berbuat lebih dari yang kita harapkan; Ujar Yonas Hama.

“Secara peribadi, bersama isteri dan 3 orang anak kami sampaikan mohon maaf, harapan saya mari kita bergandeng tangan, bahu membahu kita sambut pimpinan sekolah kita yang baru bapak Asa Manason Lahtang, S.Pd, M.Pd  dan keluarga semua, beliau sangat muda energik, suda tentunya dari begitu banyak yang kurang ini akan dapat dilengkapi dan berinovasi jauh lebih dari apa yang suda ada; Tutup Yonas Hamma, S.Pd, MM.(mantan Kepala SMK Negeri 6 Kupang).

Selain itu Kepala SMK Negeri 6 (Asa Manason Lahtang, S.Pd, M.Pd) menyampaikan bahwa amanah yang saya terima ini bagi saya berat tapi ketika melihat teman- teman semua saya jadi optimis, karena keberhasilan seorang pemimpin itu ada pada siapa yang dipimpin, saya tidak banyak berjanji tapi saya ajak kita sama- sama untuk kita bekerja.

“Kepimpinan yang saya bangun kedepan adalah kepimpinan yang bersifat partisipatif, memang system pemerintahan kita ini bersifat otoriter, komando, perintah tapi saya mencoba membangun partisipasi teman- teman sehingga teman- teman yang harus aktif. Dan dari partisipasi teman- teman itulah kita akan maju; ujar Kepala SMK Negeri 6 Kupang.

Selain itu ia melanjutkan yang kedua adalah membangun komonikasi antar sesama, bagaimana kita membangun komunikasi dalam system manajemen lembaga sekolah dan juga komunikasi yang dibangun antar sesama guru. Karena sehebat apapun rencana kita, sehebat apapun program kita kalau tidak ada komunikasi yang baik saya pikir tidak akan tercapai.

“Untuk semester ini tetap jalankan apa adanya sampai dengan 30 juli, dan bulan januari nanti kita mencoba membangun visi dan misi, karena uji kompetensi kepala sekolah kemarin kami diberikan kesempatan untuk memaparkan visi dan misi, bagaimana membangun sekolah yang akan kami pimpin nantinya, dan visi- misi yang akan kita bangun nanti dipastikan semuanya memiliki visi dan misi yang sama, baik dari kepala sekolah sampai pada cleaning service; jelas Asa Manason Lahtang.

Saya membutuhkan dukungan para guru- guru, komli, para waka untuk kita bekerjasama, mari kita partisipasi karena tidak ada jamannya lagi kita menggunakan ancaman, saya terbatas dan sangat kurang akan tetapi saya melihat teman- teman saat ini saya tidak merasa berkuranga.

“Dalam satu komunitas suka tidak suka itu pasti ada, Tuhan Yesus 12 murit 1 Yudas itu hal biasa namun bukan bukan membuat kita lemah, mari kita berpikir positif demi membangun lembaga SMK Negeri 6 Kupang; Tutup Kepala SMK Negeri 6 Kupang (Asa Manason Lahtang)


Turut hadir dalam acara ini KORWAS Dinas Pendidikan Provinsi NTT, Pengawas Pembina SMA/SMK/SLB, Ketua Komite, dan Para Guru serta semua pagawai di lingkungan SMK Negeri 6 Kupang. (FTR)