Notification

×

Sosialisasi Pelaksanaan Program Partisipasi Masyarakat Dalam Pemeliharaan Bendungan Tilong

Selasa, 29 Juni 2021 | Juni 29, 2021 WIB
sosialisasi_pelaksanaan_program_partisipasi_masyarakat_dalam_pemeliharaan_di_bendungan_tilong

MATALINENEWS- Sosialisasi Pelaksanaan Program Partisipasi Masyarakat dalam Pemeliharaan di Bendungan Tilong oleh Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang terselenggara di Ruang Kantor Camat Kupang Tengah hari ini Selasa, 29 Juni 2021. Hadir, Para Fasilitator, Kapolsek Kupang Tengah, Koramil Kecamatan Kupang Tengah, Kepala Seksi Pembangunan Kecamatan Kupang Tengah, Pemerintah Desa dan para tokoh masyarakat serta Kelompok Masyarakat.

Camat Kupang Tengah Bapak Thoni M. Nenosiki,SH pada sambutannya menyampaikan program ini merupakan program yang sangat penting terutama bagi keberlangsungan ketersediaan air khususnya di Kecamatan kupang Tengah yang berpusat di Desa Oelnasi Melalui program Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II akan melibatkan masyarakat secara langsung untuk bagaimana menjaga dan memelihara mata air di bendungan, dengan salah satunya menjaga hutan sebagai sumber mata air yang ada di wilayah tersebut. Harapannya semua lapisan masyarakat dapat menjaga kelestarian sumber mata air yang berada di hulu bendungan.

Dalam pembukaannya  Kepala Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggars II Bapak Yohanes Harapan,ST,. M.Si menyampaikan tujuan dari program ini adalah peningkatan kinerja operasional dan keamanan waduk melalui partisipasi kesadaran, kepedulian dan kemampuan masyarakat untuk secara bersama sama mencegah terjadinya hal-hal yang berpotensi / menyebabkan penurunan kinerja operasional dan keamanan waduk. Pada kesempatan ini pula akan dibentuknya Kelompok Masyarakat Petani yang nantinya akan menjadi wadah unit komunikasi bersama.

Disampaikan pula terkait program pengelolaan sumber air yang terdiri dari 5 aspek yakni konservasi, pendayagunaan, pemberdayaan air dengan Sistem Informasi Sumber Daya Air (SISDA)  dan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sumber air dan pemeliharaan.  Harapan kami ada peran serta masyarakat dalam pengelolaan air di bandungan untuk meningkatkan kinerja operasional dan keamanan waduk melalui partisipasi kesadaran, kepedulian dan kemampuan masyarakat.

Dr. Laurensius Lehar, S.P,. M.P yang di undang sebagai Narasumber menyampaikan waduk / bendungan tilong ini mempunyai pemanfaatan majemuk bagi kesejahteraan masyarakat. Baik manfaat yang dirasakan secara langsung maupun tidak langsung oleh masyarakat sehingga perlu di jaga kelestariaan agar tidak mengalami kerusakan dan dapat secara kesinambungan untuk kehidupan mendatang.

Adapaun sisi keberlanjutan partisipasi masyarakat pasca program sosialisasi ini adalah pengelolaan sedimentasi hulu waduk dan pengamanan waduk bekerjasama dengan kelompok masyarakat mandiri, integrasi program, pengembangan usaha ekonomui produktif dan mendorong kelompok masyarakat untuk mandiri dalam mendukung kelestarian lingkungan. Tutup Dr. Lehar (fathur)