Notification

×

Palestina Urusan Kita

Sabtu, 29 Mei 2021 | Mei 29, 2021 WIB
sppb_kabupaten_alor
Moh. Safi'i Lawang (Sekum SPPB)

MATALINENEWS- Pandangan bahwa "Palestina Bukan Urusan Kita" itu tidak berdasar, apalagi hal tersebut disampaikan oleh seseorang yang punya pengaruh di negeri ini Indonesia".

Mestinya sebelum mengeluarkan pernyataan konyol seperti yang sudah diketahui oleh banyak kalangan beliau harus melihat ke belakang terlebih dahulu. Bukan hanya pernyataan sikap Palestina atas kemerdekaan Indonesia saja yang kemudian menjadi alasan. Namun prinsip dasar negara ini yang memang menuntut bahwa Palestina memang urusan kita,  dan negara manapun yang mengalami penjajahan seperti Paleatina hari ini memang menjadi urusan kita, demikian ungkapan Moh. Safi'i Lawang (Sekretaris Umum Sentral Pemuda Peduli Baranusa) Kepada wartawan pada (29/05/21). 

"Ia menambahkan bahwa ini bukan bermaksud menggurui, tetapi ingin berbagi sedikit saja karena hal ini memang penting untuk di ketahui agar dalam bertutur kita kemudia tidak terlihat konyol dan tolol, ujar  Safi'.

"Poin pertama yang menjadi alasan saya mengapa "Palestina Urusan Kita" adalah paragraf pertama pembukaan Undang Undang Dasar (UUD) 1945 yakni "Bahwas sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa, dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan."

Safi'i melanjutkan bahwa alasan kedua yang menjadi tolak ukur mengapa saya menyatakan "Palestina Urusan Kita"  ialah politik luar negeri Indonesia bebas aktif, sebagaiman definisinya maka wajib bagi kita untuk terlibat didalam urusan palestina. 

Berikut definisi politik luar negeri Indonesia yang perlu saudara pahami. Bebas Aktif" adalah politik luar negeri yang pada hakikatnya bukan merupakan politik netral, melainkan politik luar negeri yang bebas menentukan sikap dan kebijaksanaan terhadap permasalahan internasional dan tidak mengikatkan diri secara apriori pada satu kekuatan dunia serta secara aktif memberikan sumbangan, baik dalam bentuk pemikiran maupun partisipasi aktif dalam menyelesaikan konflik, sengketa dan permasalahan dunia lainnya, demi terwujudnya ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, lanjut Safi'i.

Dengan demikian maka pernyataan dan pandangan bahwa "Palestina bukan urusan Kita" itu memang pernyataan konyol yang tidak punya dasar dan landasan pijak yang  tidak kuat bahkan sesat,tutup Sekum SPPB (*Tim)