Notification

×

MDMC Abadi Negeri Hingga Plosok

Senin, 12 April 2021 | April 12, 2021 WIB


sudarjo_abd_hamid
Penulis: Sudarjo Abd Hamid

MATALINENEWS- 
Bencana dan musibah adalah tugas kemanusiaan, menopang dan pemulihan psikis dari depresi adalah tugas kita, mengerahkan seluruh daya fikir dan raga,demi kehidupan lebih baik pasca peristiwa musibah bencana alam maupun sejenisnya.

NTT adalah Provinsi yang tengah mengalami dampak tersebut, dan mengalami kerugian material yang cukup besar, terutama jiwa penduduk yang terancam oleh amukan siklon Seroja dan banjir bandang, yang memorakporandakan sebagian wilayah flobomara tersebut.

Bantuan kemanusiaan pun terus merapat,pada simpul simpul wilayah yang terkategori,baik dampak ringan maupun berat.

Pelayanan berjibaku berlomba lomba untuk hadir memberikan yang terbaik, dari sisi logistik kesehatan sandang pangan serta papan disertakan dalam safari kemanusiaan tersebut. Karena pelayanan prima kemanusiaan merupakan asas dan tanggungjawab, sebagai Khalifah di bumi Nusantara ini.

MDMC adalah wadah medical dibawah PP MUHAMMADIYAH, telah secara nyata membangun dan turun gunung, untuk solidaritas kemanusiaan, tanpa memandang latarbelakang apapun pada dampak fenomena alam tersebut.

Lembata adalah salah satu kabupaten yang terdata,dan menjadi kategori utama dalam service MDMC. Rombongan tersebut telah melakukan aksi di kecamatan ILE APE, Omesuri hingga ke Buyasuri.

Tim dokter perawat serta relawan yang menjadi ujung tombak lapangan, di bekali secara efisien dan efektif dalam aksi lanjutan pada wilayah wilayah tersebut.

Rangkaian kegiatan dan flowup dilakukan secara rutin menjaga kewibawaan Muhammadiyah selaku salah satu ormas besar, yang telah kokoh menjulang ide di bumi Pertiwi ini.

Aksi nyata pun dilakukan perdana di Uyelewun esok (12/04/21), bertepatan di Desa Leudanung Kecamatan Omesuri, dengan target pemeriksaan kesehatan lengkap pada masyarakat yang dampak musibah, namun tidak menutup kemungkinan, masyarakat pada umumnya pada wilayah desa tersebut maupun sekitarnya. Setelah selesai terbagi tim asesmen yang akan terjun langsung ke Desa Wowong dan Nilanapo, begitu pula terbagi tim untuk Desa Leuburi dan Bean di kecamatan Buyasuri, yang langsung ditangani oleh tim pusat dan saudara Syamsul Thaib selaku MDMC lokal kedua kecamatan tersebut.

Terisolirnya tempat bukan menjadi penghalang untuk tim aktualisasi misi kemanusiaan. Karena prinsip "fastabiqulkhairat" dan "wataawanu alalbirri watakwa", sehingga pelosok bumi manapun MDMC tetap berkiprah selaku garda terdepan untuk umat serta bangsa..

For MDMC

Dari Muhammadiyah untuk Indonesia .

Oleh: Sudarjo Abd. Hamid (Guru PAI pada SDI Aihua Buyasuri)