Notification

×

Babinsa Koramil 1604- 02 Camplong Memperbaiki Rumah Warga Pasca Badai

Selasa, 27 April 2021 | April 27, 2021 WIB

babinsa_koramil_1604_02_camplong

Matalinenews, Kupang- Babinsa Koramil 1604-02/Camplong Serda Manuel Amaral melaksanakan Karya Bakti membantu memperbaiki rumah milik Bapak Antonius Kase, yang mana rumahnya mengalami kerusakan akibat dampak dari bencana Siklus Badai Seroja yang menghantam wilayah RT 001 RW 002 Dusun 04 Desa Ekateta Kecamatan Fatuleu Kabupaten Kupang, Senin (26/04/2021). 

Kerusakan yang terjadi di wilayah Desa Ekateta Kecamatan Fatuleu Kabupaten Kupang berupa pohon-pohon yang bertumbangan dan kerusakan lain yang berdampak pada pemukiman warga. Seperti halnya yang menimpa rumah milik Bapak Antonius Kase, Siklus Badai Seroja menyebabkan pohon di sekitar rumahnya tumbang dan atap rumah berupa seng berterbangan, serta kerusakan di bagian atap rumahnya. 

Selaku aparat pembina kewilayahan, Babinsa Serda Manuel Amaral memotori warga setempat untuk melakukan gotong royong guna membantu korban bencana melakukan rehab rumah yang mengalami kerusakan. 

Babinsa Desa Ekateta Serda Manuel Amaral menuturkan, bahwa Karya Bakti ini merupakan wujud implementasi salah satu butir dari delapan wajib TNI. Khususnya butir ke delapan yang berbunyi, menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya. Sebagaimana tersurat dalam delapan wajib TNI, prajurit wajib mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya. 

"Tentara Nasional Indonesia (TNI) mempunyai pedoman yang harus dilaksanakan setiap langkahnya. Salah satunya delapan wajib TNI dan seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) tidak hanya memantau wilayahnya saja. Namun, juga harus berkomunikasi dengan masyarakat serta melakukan pembinaan di wilayah dan ikut serta membantu kesulitan masyarakat binaannya," tuturnya. 

Sementara itu, Pgs. Danramil 1604-02/Camplong Kapten Inf Nerson Filmon Baitanu memberikan apresiasi kepada Babinsanya yang telah melakukan sikap dan tindakan humanis kepada masyarakat. Sesuai dengan 8 Wajib TNI butir no. 8 "Menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya." 

"Responnya atas permasalahan dan kesulitan masyarakat harus dilakukan setiap Babinsa di wilayahnya. Babinsa harus menjadi bagian dari setiap penyelesaian permasalahan dan kesulitan masyarakat di wilayah binaannya," ujar Danramil. 

Ini merupakan salah satu wujud nyata dan peran aktif serta sumbangsih TNI. Khususnya aparat kewilayahan kepada rakyat di daerah serta sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. Melalui kegiatan ini pula, diharapkan dapat menjaga dan meningkatkan budaya gotong royong yang memang sudah menjadi budaya Bangsa Indonesia,” ungkapnya. 



Danramil menambahkan dengan ikut dalam kegiatan secara bersama, dampak yang paling nyata yaitu bisa saling bersilaturahmi antara satu dengan lainnya. Harapannya apapun jenis kegiatan Karya Bakti semoga membawa banyak manfaat baik itu untuk diri sendiri maupun orang lain dan lingkungan sekitar. 

Sementara itu, Keluarga dari Bapak Antonius Kase mengucapkan terima kasih atas kepedulian pak Babinsa dalam menolong warganya. 

"Kami hanya bisa mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya terhadap TNI – AD khususnya anggota Koramil Camplong, semoga kedepan tetap Solid dan selalu di cintai Rakyat. Untuk itu kami atas nama keluarga Antonius Kase mengucapkan terima kasih banyak," ucapnya. (Pendim1604/Kupang) (*tim)